on

d93192370c78e244362634cc5a793c48

Ini akan terdengar naif, tapi memanglah naif kisah ini.

Aku 23 tahun pada tahun ini, usia yang dikatakan mulai dewasa kata beberapa orang.  Maka, sebagai orang dewasa, aku mencoba untuk bertanggung jawab pada diriku sendiri.  Menyokong hidupku dengan caraku sendiri, dan berhenti bergantung pada orang tua.

Kenyataannya, semua tidak semudah yang aku pikir.  Lebih parahnya, itu melukai hati dan bertentangan dengan nurani; prinsip; serta nilai hidup yang aku pegang.

Pertama kali mendengar kata dunia ketika tubuhku masih setinggi pinggang Ibu, otak kecilku membayangkan bahwa ini adalah dunia: rumah; halaman; tempat bermain.  Ketika aku mulai bisa membaca, pengertianku tentang dunia mulai meluas: sekolah; wilayah tempat tinggal; dan beberapa tempat yang aku kunjungi.  Saat mulai bisa menulis, pengertianku tentang dunia kembali berkembang.  Dunia adalah Indonesia, itu kataku.  Tapi dunia adalah Indonesia hanya bertahan sebentar, karena ketika aku mulai mengenakan seragam merah putih, dunia adalah globe dengan banyak nama negara.  Indonesia bukan dunia, tapi salah satu negara di dunia.  Setelah itu, tidak ada yang berubah.  Kecuali, hal mendetil di dalamnya.

Hal mendetil itu, tentang makhluk hidup: manusia; hewan; tumbuhan.  Aku berkata, beruntungnya menjadi manusia.  Andai menjadi hewan atau tumbuhan, tentu aku akan menjadi makanan dan usiaku tidak akan mencapai usia 100 tahun.

Tapi kemudian, sama halnya mengenai pengertian dunia, pengertianku mengenai manusia juga mulai berubah.  Manusia, menyedihkannya.

Hewan bersikap brutal; kejam; menjijikkan; kanibal, wajar.  Mereka tidak ber-otak.

Tumbuhan apa lagi, mereka bahkan tidak benar-benar tampak bergerak.

Manusia?

Aku pikir, tempat ini bersih.  Aku pikir, manusia di tempat ini berbeda dengan manusia-manusia yang sebelumnya aku temui dan karena itu aku pindah.  Kenyataannya, disinilah aku dipertontonkan tentang sikap dan sifat manusia yang sesungguhnya pada jaman ini.

9 Comments Add yours

  1. kyokoo13 says:

    Chingu yg dazzling girl kapan di update ? Udah ga sabar baca hehhee

    Like

    1. Mrs. Bi_bi says:

      Percayalah aku lagi kelarin itu ff😂😂

      Like

      1. kyokoo13 says:

        Asik .. Oh udah mau end ya ?

        Like

      2. kyokoo13 says:

        Pokoknya ditunggu banget lanjutannya hehe fighthing ya chingu ☺

        Liked by 1 person

  2. luthfii26 says:

    annyeong haseyo, chingu-ya aku reader baru disini hehehe, izin baca karya nya yaa:)

    Like

  3. Vikyu says:

    Kok keren banget bahasanya
    Ternyata arti dunia itu seperti ini
    Lalu bagaimana cara mensyukuri setiap hidu yg kita jalani? Ku coba berfikir ternyata itu adalah hal yg paling sulit, bersyukur dan ikhlas
    Kak ditunggu ya Lanjutan dazzling nya
    Semangat 😁😁

    Like

  4. rusnimialatief says:

    apa khabar mba sayang…..sdh lama engga menjelajah…semoga semuanya baik2 saja…kadang kehidupan nyata tidak sehitam putih pandangan kita… ada ruang abu2 yg kadang kita sendiri sulit utk memilahnya tp bagaimanapun kita selalu punya pilihan bukan? Semoga ke depan akan lebih baik lagi dan tetap semangat….kita tetap setia nunggu dazzling girl nya…

    Like

  5. Fatir Oh says:

    Ngena banget tulisannya kak….

    Like

Leave a Reply

