#RIP#MuhammadAli

CkFFmz2WsAAVp4T

Cassius Marcellus Clay, Jr yang kemudian lebih dikenal sebagai Muhammad Ali.  Aku gaktau dia, gak paham tentangnya, bahkan gak terlalu memahami profesi seorang petinju dan lagi….. dia berjaya di era aku bahkan belum lahir.

Tapi beberapa tahun lalu sekitar 8/9 tahun lalu, disebuah acara tv Internasional yang membahas tentangnya, mulai dari awal karirnya hingga sakit dan pensiunnya dia dari dunia tinju, aku mulai tahu tentangnya dan untuk pertama kalinya aku tahu nama seorang petinju.  Jauh sebelum aku tahu Chris John, aku lebih dulu tahu nama Muhammad Ali, bahkan bisa dibilang aku tahu Chris John dan sesekali nonton acara tinju setelah nonton dokumenter tentang Muhammad Ali tersebut.

Perjalanannya, Ali menurutku adalah seorang yang hebat meskipun sebagai manusia biasa dia gak luput dari salah.  Dia gak jauh2 dari skandal dan entah kenapa semua idolaku memiliki skandal besar lol.  Tapi semua orang tahu bahwa isi kepala pastinya akan berubah, dan ada satu point dimana aku bilang “wow, his a great man”

Gak jauh2 dari alasan aku suka Miley yang lakuin apapun untuk senengin dirinya, Adam yang gak malu sama dirinya sendiri, Jolie yang berani pilih apa yang dirinya suka, Jian Hao yang gak malu akui keburukannya, Mike yang berani lawan arus hidup, Key yang tetap jadi dirinya sendiri, Yifan yang berani pilih bahagianya, aku suka Ali setelah dia akui semua salahnya dan dia berubah, maksudku dia tahu kalau aroganna selama ini adalah salah.

Muhammad-Ali-Quote-Top-10-Rules-For-Success-Greatest-Fights-Evan-Carmichael

Pada akhirnya, dia sadar siapa dirinya dan bagaimana dirinya.  Pointnya bukan karena Ali berubah lebih baik, tapi karena dia membumi pada akhirnya.  Sadar bahwa dia bukanlah seorang hebat seperti yang selama ini dikatakannya, sadar bahwa dia tidak seharusnya menyombongkan diri diantara semua lawannya yang jatuh.  Perlu diketahui, dia dijuluki sebagai petinju terbaik dunia dengan memenangkan 56 pertandingan dimana 37 kali pertandingan menang KO.  Ali juga dikenal sebagai penentang perang, dia sempet dihukum gak boleh main tinju selama beberapa tahun gara2 gak mau gabung jadi tentara untuk perang di Vietnam.

Satu hal lagi yang aku suka dari Ali adalah, ketika namanya akan dicantumkan dalam walk of fame.  Ali tahu namanya (Muhammad) adalah nama dari nabi yang agamanya anut dan dia membuktikan dirinya yang melakukan apapun yang menurutnya benar.  Menolak namanya masuk dalam walk of fame karena tidak mau nama Muhammad di injak2.  Secara pribadi, Ali mengatakan “I bear the name of our beloved Prophet Muhammad (peace be upon him), and it is impossible that I allow people to trample over his name.” Ali juga berkata bahwa lebih baik namanya tidak tercantum dalam walk of fame jika mereka meletakkannya di lantai sebab orang akan menginjak juga melangkahinya. Dan akhirnya, Ali adalah satu2nya orang yang namanya di abadikan di dinding walk of fame, bukan di lantai.

hqdefault

 

Dia tahu bagaimana menghargai sesuatu, seseorang yang berani mengakui kesalahannya, dan seseorang yang mau berubah untuk menjadi lebih baik.  #RIP#MuhammadAli#Legend

Leave a Reply

