Meskipun ingin, aku bahkan tidak bisa menuntut kesempurnaan

Meskipun ingin, aku bahkan tidak bisa memintanya kembali hanya untuk menjelaskan beberapa hal yang melukai perasaan

Meskipun ingin, aku menolak untuk melihatnya kembali

Meskipun ingin, disaat-saat tergelap dalam hidup aku menolak uluran tangannya

Meskipun ingin, aku tidak bisa merindukannya

Dia hanya sebuah foto, foto yang menggambarkan saat-saat lama dan tidak bisa terulang.  Dia hanya sebuah foto dengan sentuhan akhir berupa figura retak yang menghancurkan segala keindahan fotonya sendiri.

Dia tidak pernah meminta bertahan, dia tidak pernah meminta untuk dipertahankan, dia tidak pernah meminta kesempatan, dan dia bahkan tidak pernah meminta dengan melihat mata dari orang-orang terkasihnya.

Dia meminta untuk meninggal.  Egoisnya.

Mereka bilang, setiap anak gadis menginginkan pendamping mirip ayahnya.  Tapi ayah macam apa yang melakukan itu pada anak gadisnya?  Meninggalkan dunia seoah dengan kepergiannya semua akan tetap sama.  Ayah mana yang bisa-bisa berkata lebih baik ambil nyawaku dibanding sakit macam ini.  Sakit macam ini?  Lalu bagaimana dengan kesakitan anak gadisnya kemudian?  Tidakkah dia memikirkan itu?  Tidakkah dia berpikir bagaimana anaknya kesulitan hidup karena itu? Tidakkah dia berpikir bagaimana istrinya bekerja banting tulang untuk mencukupi kebutuhan diri setelah dirinya meninggal dengan egois macam itu?

Andai.  Andai si ayah berkata pada Tuhan, aku memiliki 2 anak yang masih kecil juga seorang istri.  Jika memang waktuku untuk tiada sekarang, aku tidak bisa melakukan apapun.  Tapi jika bisa, aku masih ingin melihat dan merawat anakku hingga dewasa.  Jika kemudian setelah permintaan macam itu si ayah tetap tiada, luka dalam hati anaknya tidak akan sedalam ini.  Andai saja, andai si ayah itu tidak pernah menyerah untuk hidupnya tanpa meminta kesembuhan.  Andai saja, andai saja si ayah menyerah setelah segala usaha dan doanya.  Andai, dan selalu andai.

Leave a Reply

