Plagiat

Plagiat

Plagiat

Entah kenapa, satu kata yang dari dulu dalam isi kepalaku gak beda jauh ama sampah itu akhirnya lebih berharga dibanding berlian.  Dulu, plagiat itu cuma bacaan tanpa makna, bacaan yang gak ada artinya, kalimat yang sama sekali bukan sesuatu hal penting, tulisan yang cuma diliat, dibaca, kemudian diabaikan.  Tapi sekarang ini, plagiat gak bisa aku lihat sebagai sampah gak berarti lagi.

Entah kenapa, banyak orang yang memplagiat.  Entah kenapa, mereka yang melakukan plagiat terhadap karya seseorang (ff) sebegitu gampangnya melakukan itu.  Aku ngaku, aku pernah plagiat.  Tugas sekolah jaman SMP-SMA dulu yang bikin males buka buku, buat aku pilih artikel di internet sebagai jawaban dan tanpa menyertakan sumbernya.

Mungkin bisa dibilang ini karma kali ya, aku pake artikel orang untuk tugas sekolah tanpa ijin, tanpa nulis sumbernya dan kemudian…. beberapa tahun kemudian aku dikasih tunjuk Tuhan, dikasih liat Tuhan, gini loh rasanya di plagiat, gini loh rasanya jerih payahmu di akui orang seenak jidatnya, gini loh rasanya karyamu di curi orang.

Beberapa kali aku marah atau kutuk orang itu, akhirnya aku sadar.  Apa yang aku tanam, buah itu yang aku petik.  Aku gak hargain karya orang, dan akhirnya….. bertahun-tahun kemudian meskipun orang tersebut gaktau kalo tulisan/artikelnya aku ambil untuk tugas, tanpa ijin dan tanpa nulis sumbernya…. akhirnya aku rasain apa yang dia rasain. Ffku di plagiat abis-abisan, cuma ngubah bahasanya ke bahasa dia aja.  Dulu sih sakit hati, banget malah… tanpa kesini-kesini, entah kenapa udah nggak lagi.

Ikhlasin aja, hatiku ngomong itu beberapa kali.  Ikhlasin aja, orang begitu pasti masih labil, pasti belum dewasa, pasti masih anak2.

Well, entah sekarang masih ada atau nggak yang ngelakuin plagiat, entah untuk karyaku atau untuk karya author2 lainnya… semoga otak2 plagiator itu gak ditumpulkan dari ide2.  Amin.

Leave a Reply

